Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Hanya Rp 5.000/bln ( Pasang Iklan Bunner Disini )
  • Akar Pasak Bumi
  • Akar Pasak Bumi

Daftar isi Posting

Cara Memperlambat Penuaan



Penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Secara umum terjadi penurunan hormon pada usia 30 an dan terjadi penurunan massa otot yang dikenal dengan sarcopenia. Namun proses penuaan ini dapat dicegah, ditunda dan diobati, seperti penyakit lain. Tak percaya? simak ulasannya berikut ini.

Bila tubuh tidak melakukan olahraga latihan beban, atau terapi hormon, maka secara alamiah tubuh akan kehilangan kira-kira 2 sampai 3 kilo jaringan otot setiap dekade. Karena otot adalah mesin tubuh kita, kehilangan massa otot akan memberikan dampak yang besar terhadap kemampuan fisik dan juga kemampuan fungsional.

Esensinya, mesin tubuh ibarat turun dari 8 silinder menjadi 6 silinder menjadi 4 silinder. Karena ukuran mesin berhubungan sangat erat dengan penggunaan bahan bakar, maka mudah dipahami mengapa massa otot yang lebih sedikit menyebabkan terjadinya penurunan metabolic rate. Kehilangan massa otot sangat bertangggung jawab terhadap pengurangan resting metabolisme 2- to 5-percent-per-decade.

Hasil yang jelas dari semakin berkurangnya massa otot dan penurunan metabolisme adalah penambahan berat badan secara gradual, kira-kira 5 kilogram perdekade.

Akibat penurunan massa otot turun, maka tiga fungsi utama otot yakni bentuk , gerak, dan pembakaran kalori berkurang. Artinya, bentuk badan menjadi lebih jelek. Ini wajar, karena yang membuat bentuk tubuh menjadi indah dan enak dilihat adalah otot dan bukan lemak.

Lalu pergerakan menjadi lebih lambat dan ini pun wajar, karena mesin yang menghasilkan energi untuk bergerak adalah otot. Kalau kapasitas mesin turun, otomatis pergerakan juga turun. Terakhir adalah orang akan mengalami kegemukan, mengalami masalah berat badan, dan semua konsekuensi akibat kegemukan.

Jadi solusi logis untuk menahan efek dari penurunan Growth Hormone adalah mengembalikan status hormon ini ke kadar kemudaan. Salah satu caranya adalah menggunakan terapi Growth Hormone.

Penelitian Dr. Daniel Rudman tahun 1990 menunjukkan, dari 21 pria dan wanita berusia 61-81 tahun yang diberi suntikan hormone pertumbuhan ( HGH, Human Growth Hormone ) selama 2 bulan, mengalami perbaikan kondisi tubuh.

Rata rata para pria yang diteliti tersebut mengalami kenaikan massa otot sebanyak 8 kilogram dan mengurangi massa lemak sebanyak 14 kg. Nilai laboratorium, massa otot, massa lemak, ketebalan kulit dan kepadatan tulang mereka, seperti 10 tahun sebelumnya.

Kesimpulannya, proses penuaan dapat dicegah, ditunda dan diobati, seperti penyakit lain. Bila Anda melihat binaragawan yang menjalankan hidup sehat, maka Anda melihat tubuh mereka memiliki kapasitas seperti usia muda, latihan beban yang mereka lakukan ternyata membantu mempertahankan massa otot dan membantu mengurangi masalah yang dtimbulkan akibat berkurangnya massa otot.

1 komentar:

suka-blog mengatakan...

Info yang menarik,saya harap postingan info ini menjadikan inspirasi menjalankan pola hidup yang sehat serta rajin berolah raga secara rutin agar dapat mempertahankan kondisi tubuh,thangs utk infonya.

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;)
:-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p

Poskan Komentar

Kami mohon bantuannya, agar anda memberikan komentar, komentar yang baik dan membangun, mencerminkan kepribadian diri.